Senin, 13 Februari 2017

RAKOR PENGUATAN DATA OPERATOR KKMTs WONOREJO


Sabtu, 4 Februari 2017. Rutinitas yang sering di lakoni oleh operator KKMTs Wonorejo adalah konsolidasi penguatan database baik secara online dan offline. Hal ini seiring dengan berkembangnya dukungan tekhnologi yang semakin lama semakin mudah.
Pada acara tersebut operator melakukan penguatan data khusunya pada 3 item penting, a.l : 1) Update SIMPATIKA, 2) UPDATE EMIS semester genap, 3) Verval PD (Peserta Didik). Acara tersebut menjadi penting dikarenakan ada info terbaru yang harus di ketahui oleh para operator agar dalam pelaksanakan updating data tidak terjadi kendala. Apalagi bagi para operator yang masih awam pada aplikasi – aplikasi kedinasan yang sekarang berkembang di lingkungan Kementerian Agama.
Tugas update SIMPATIKA, mengaktifkan kembali NUPTK guru-guru yang ada lembaga masing yang sudah lumrah dilakukan pada tiap semester. Selain itu ada tugas cetak Kartu Digital NUPTK bagi para pendidik dan tenaga kependidikan. Dan tak kalah penting juga adalah penyusunan Jadwal Pelajaran yang harus terekam di aplikasi SIMPATIKA.
Update EMIS juga selain merevisi data tiap-tiap personal guru yang mungkin berubah, ada juga merevisi data lembaga dan siswa yang mungkin berubah. Update EMIS diperlukan untuk menjaga kevalidan data agar penyerapan anggaran DIPA kementerian Agama Kabupaten Pasuruan tidak salah sasaran.
Yang terakhir adalah Verval (Verifikasi dan Validasi) peserta didik. Konsentrasinya adalah Sinkronisasi data NISN yang miliki oelh siswa. Apakah NISN siswa tersebut bisa dikatakan valid secara database atau hanya NISN fiktif, maka Sinkronisasi hal yang mutlak harus dilakukan untuk menjaga kevalidan NISN siswa. Motto kami bagi para operator adalah Salam Satu Data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar