VISI MISI

A. Visi Madrasah

Menjadi Madrasah Impian, Terdepan dalam Imtaq dan Iptek sertaBerkarakter Islami

B. Misi
  1. Meningkatkan pembinaan keimanan, ketaqwaan, dan akhlak mulia berdasarkan nilai-nilai Islami;
  2. Mengembangkan KurikulumTingkat Satuan Pendidikan (KTSP) secara berkelanjutan untuk meningkatkan mutu lulusan;
  3. Menerapkan strategi dan pendekatan Pembelajaran yang Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Produktif, dan Islami (PAIKEMPI);
  4. Meningkatkan kegiatan pengembangan diri siswa dalam bidang akademik, budi pekerti dan akhlak mulia, seni, olahraga, dan ketrampilan;
  5. Meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan tenaga kependidikan;
  6. Mengembangkan sarana dan prasarana pendidikan secara layak;
  7. Mengimplementasikan Managemen Berbasis Madrasah (MBM)
  8. Mengupayakan adanya kerja sama dalam pendanaan pendidikan dengan stake holder secara sah dan tidak mengikat;
  9. Mengembangkan evaluasi berkelanjutan demi perbaikan mutu pendidikan.

C. Tujuan Madrasah

Berdasarkan Visi dan Misi Madrasah tersebut, maka tujuan MTs Negeri Wonorejo adalah memfasilitasi dan melayani pengembangan potensi peserta didik secara maksimal agar mampu menjadi insan yang cerdas, unggul, dan kompetitif dengan tetap menjiwai nilai-nilai Islami.

Tujuan umum tersebut secara bertahap dicapai melalui tahapan sebagai berikut:
1. Tujuan Madrasah dalam 4 (Empat) Tahun ke Depan

Pada akhir tahun pelajaran 2015-2016 Madrasah dapat mencapai Standar Nasional Pendidikan dengan indikator sebagai berikut:
  1. Berkembangnya kurikulum dan model pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, menyenangkan, produktif serta mengintegrasikan Imtaq dan Iptek; sehingga unggul dalam prestasi dengan tetap berkepribadian Islami
  2. Tercapainya mutu lulusan yang memenuhi standar kelulusan nasional
  3. Tercapainya standar pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional sesuai dengan bidangnya masing-masing
  4. Terpenuhinya standar sarana prasarana sesuai dengan standar nasional pendidikan
  5. Meningkatnya manajemen pengelolahan madrasah yang partisipatif dan akuntabel sesuai dengan ketentuan standar nasional pendidikan
  6. Meningkatnya kerja sama dengan stakeholder untuk pendanaan pendidikan melalui komite Madrasah serta dunia usaha dan industri
  7. Meningkatnya sistem penilaian sesuai dengan standar nasional pendidikan
  8. Terwujudnya lingkungnan Madrasah yang aman, tertib, bersih, asri, indah, nyaman, dan kondusif.
  9. Terwujudnya iklim budaya kerja dan belajar yang Jujur, Tangung Jawab, Visioner, Disiplin, Kerja Sama, Adil, dan Peduli.

2. Tujuan Madrasah dalam 1 (Satu) Tahun ke Depan

Pada akhir tahun pelajaran 2013-2014, Madrasah dapat mencapai keberhasilan sbb :
  1. Terwujudnya iklim budaya kerja dan belajar yang agamis, ditandai dengan perilaku warga Madrasah yang sesuai dengan Sapta Budi Utama Madrasah: Jujur, Tanggung Jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil, dan Peduli (JTVDKAP) yang didasari oleh nilai-nilai Asma’ul Husna.
  2. Terpenuhinya silabus dan RPP untuk semua Mata Pelajaran yang megembangkan pendidikan karakter
  3. Meningkatnya mutu proses KBM melalui pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, produktif, dan Islami (PAIKEMPI) dan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
  4. Meningkatnya standar kelulusan rata-rata 5,50 untuk Mapel Ujian Nasional dan rata-rata 70 untuk Mapel UAMBN dan UAM, termasuk mulok
  5. Meningkatnya kemampuan berbahasa Inggris dan bahasa Arab bagi siswa, ditunjukkan dengan kenaikan prosentase penguasaan bahasa Inggris dan Arab dari 50% menjadi 60%
  6. Meningkatnya layanan bimbingan dan konseling (BK) ditandai dengan menurunnya tingkat pelanggaran tata tertib siswa
  7. Meningkatnya kemampuan siswa dalam olimpiade MIPA dan Bahasa yang berjalan efektif sehingga dapat meraih juara tingkat kabupaten
  8. Meningkatnya kemampuan siswa dalam bidang prestasi olahraga dan seni serta Pramuka yang berjalan efektif sehingga dapat meraih juara tingkat kabupaten dan propinsi
  9. Meningkatnya kompetensi professional Pendidik dan Tenaga Kependidikan sesuai dengan standar yang ditetapkan
  10. Terpenuhinya ruang kelas belajar sebanyak 15 rombongan belajar dan lapangan olahraga multi fungsi (basket, futsal, bulutangkis, dan lapangan upacara)
  11. Terciptanya hubungan yang harmonis dan dinamis antar warga madrasah dan masyarakat (Stake Holder)
  12. Terlaksananya proses penilaian berbasis kelas secara tertib dan berkelanjutan
  13. Terwujudnya lingkungan madrasah yang bersih, indah, asri, aman, nyaman, dan kondusif untuk KBM
D. Kebijakan Teknis Kepala Madrasah
  1. Menjunjung tinggi Kode Etik Guru dan Tenaga Kependidikan serta Tata Tertib Siswa;
  2. Menjunjung tinggi “Sapta Budi Utama” ( 7 Budi Utama: Jujur, Tanggung Jawab, Visioner, Disiplin, Kerja sama, Adil, dan Peduli – JTV DKAP ) sebagai Budaya Kerja dan Budaya Belajar di Madrasah yang bersumber pada penerapan nilia-nilai Asma’ul Husna;
  3. Menegakkan motto kerja “One Team, One Vision”, yakni Satu Tim dan Satu Tujuan mencapai Sukses Mulia sebagai Madrasah Idaman yang Terdepan dalam Prestasi dan Berkarakter Islami;
  4. Melaksanakan tugas pokok dan fungsi berdasarkan Standar Operasional Prosedur yang telah ditetapkan
  5. Mengembangkan potensi kecerdasan majemuk peserta didik dan memperhatikan modalitas utama belajar mereka dalam pelaksanaan pembelajaran, baik Visual, Audiotorial, maupun Kinestetiknya;
  6. Mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kegiatan pembelajaran, pembiasaan, dan pengembangan diri siswa;
  7. Mewujudkan lingkungan Madrasah yang asri dan nyaman dengan gerakan “Go Green and Clean”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar