Rabu, 19 Juli 2017

Petugas Medis Puskesmas Wonorejo Paparkan Keamanan Makanan (Jajanan) Bagi Siswa Matsama MTsN 4


Kab. Pasuruan (MTs Negeri 4) - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) kecamatan Wonorejo pada hari ketiga (3) pelaksanaan masa taaruf siswa madrasah (Matsama) Rabu, (19/7) turut andil memberikan materi kepada siswa baru yang menjalani program Matsama di MTs Negeri 4 Pasuruan yang beralamatkan di Wonorejo.

Dengan rasa  kerjasamanya antara madrasah dengan Puskesmas menandakan akan adanya sinergitas dan rasa peduli Puskesmas dalam hal menyampaikan ilmu kesehatan tentang materi Keamanan Makan yang senantiasa menjadi asupan setiap hari sebagai makanan bagi siswa selama berada di madrasah.

“Makanan yang sehat adalah makanan yang bebas dari segala campuran bahan kimia, sedangkan makanan yang kurang (tidak) sehat adalah makanan yang sudah tercampur dengan bahan kimia yang sekiranya dapat melemahkan otak dan pikiran siswa yang dampaknya dapat mempercepat kematian,” terang Suindriyati salah satu petugas kesehatan dari Puskesmas Wonorejo yang bertugas sebagai pemateri.

Oleh karenanya, jangan sampai siswa madrasah yang masih jernih dan mudah untuk berfikir guna menerima ilmu pengetahuan (materi pelajaran-red) teracuni dengan banyaknya jenis makanan yang disajikan tiap harinya untuk dikonsumsinoleh mereka.

Untuk lebih memudahkan siswa mengidentifikasi jenis-jenis makanan yang harus dihindari untuk kelangsungan kesehatan dan keamanan otak saraf, Suindriyati atau akrab disapa mbak Indri mengelompokkan jenis makanan yang beresiko. antara lain Saos Tomat yang menggunakan pewarna Tekstil (Rhodamin B), Pentol dengan menggunakan obat Puli, Krupuk yang menggunakan obat Puli, Mie Instan dan lain-lain

Disampaikannya materi ini kepada siswa, madrasah bertujuan agar siswa bisa memilih dan memilah jenis makan atau jajanan yang baik, sehat dan bergizi. Semua usaha madrasah tidak lain menjaga kesehatan dan stabilitas fisik anak didiknya karena siswa adalah menjadi penerus atau aset bangsa yang berharga.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar